Revolutionary Road (2008)

9 10 2010

Director : Sam Mendes
Based on novel from Richard Yates
Starring : Leonardo diCaprio, kate Winslet, Kathy bates, Michael Shannon

Film ini bukti lain kalau diCaprio tidak tertarik main film drama romantis yang tidak tragis. Film ini mempertemukan lagi dua sejoli Titanic dulu, namun dalam bingkai cerita yang lain.

Hidup damai di perumahan elit, bersama dua orang anak, dan benar-benar berperan selayaknya suami dan istri nyatanya tidak membuat hidup terasa hidup. Kemonotonan seakan menjadi momok yang samar-samar menjadi senjata bagi diri sendiri. Hal ini rupanya disadari oleh April (Kate Winslet). Betapa ‘mati’nya mereka ketika setiap hari melakukan pekerjaan yang sama. Demi uang dan hidup nyaman (yang ditakar dari materi), manusia rela bekerja banting tulang, pagi pulang malam, berhadapan dengan pekerjaan membosankan, akhirnya hanya berakhir menyedihkan (sekalipun banyak uang).

 

“All I know bout life is I wanna feel things”, kutipan itu mengingatkanku pada lirik lagu Echobelly, ” I wanna do great things, I dont want to compromize, I wanna know what life is”. Berarti sebenarnya setiap orang menyimpan mimpi akan hidup, tapi selalu tenggelam dengan rutinitas, membuat semuanya tampak wajar padahal ada yang salah, tentu saja.

Dan pada akhirnya lebih baik mati daripada menyerah pada kemunafikan.. loh ko jadi ingat Soe Hoek Gie.
Tapi, menurutku film ini memberi refleksi akan hal itu.

Dari segi mise-en-scene, aku cukup puas melihat akting dua sejoli ini. Mimik mereka ekspresif. Melihat mimik mereka aja, emosi kita bisa ikut terpengaruh entah jadi ikut stres, bergairah, semangat, dan sebagainya.

Di samping itu, mungkin karena tema film ini yang agak kelam, maka pengambilan gambar sengaja diperlambat. Memberi detail pada tiap shot.

yah, begitulah… seperti yang Godard bilang kalau kita belajar hidup dari film, rasa-rasanya tepat kalau film ini menjadi sejenis sentilan buat kita, untuk berpikir ulang, what’s life really about?


Actions

Information

Leave a comment